Warung Internet

November 04, 2010

Tentang Kami SAT BRIMOB POLDA NTB



Dengan adanya validasi Brimob tahun 1996 dan pembentukan Polda-Polda yang baru pada tahun 1996, Sat Brimobda NTB berdiri sebagai bagian struktur organisasi di bawah Polda NTB yang baru di bentuk pada saat itu

Awal berdirinya Sat Brimob polda NTB dengan ditempatkannya personil Tamtama sebanyak 78 orang lulusan Pusdik Brimob Watukosek,Pusdik Sabhara Porong dan Pusdik polair Jakarta tahun 1997. berikutnya disusul Bintara sebanyak 150 lulusan SPN Mojokerto dan SPN Singaraja pada tahun yang sama. Para anggota polri itulah yang menjadi cikal bakal berdirinya Brimob di Polda NTB.

Karena masih baru dibentuk pada tahun 1997 maka untuk sementara pembinaan Organisasi Brimob dibawah Dit Samapta Polda NTB dengan Pjs.Dansat Brimob Sesdit Samapta Mayor Pol. Drs.Jimmy Palmer Sinaga dibantu para senior Brimob pindahan dari Sat Brimobda Bali dan mantan Brimob di Polda NTB sebagai Danton-dantonnya.

Pada tahun 1997 pula Pimpinan Brimob Polda NTB dikukuhkan dengan Mayor Pol. Drs. Sutrisno sebagai Dansat Brimob Polda NTB dan menerima tongkat komando serta Dhuaja Sat Brimob Polda NTB Satya Aswa Pratisara dari Kapolda NTB Kolonel Polisi Drs Dadang Soetrisno, maka secara struktural dibawah polda NTB namun secara administratif dibawah pembinaan Korps Brimob Polri.
Setelah semua personil Brimob NTB yang jadi cikal bakal Sat Brimob Polda NTB selesai melaksanakan Pendidikan kejuruan Brimob di Pusdik Brimob Watukosek baik itu tamtama dengan Dasta Brimob dan Bintara dengan Dasba 6000-nya maka mereka dipersiapkan untuk mengisi kompi-kompi di jajaran Sat Brimob Polda NTB.

Kompi-kompi Sat Brimob Polda NTB pada awal pembentukan tahun 1998 adalah :
  1. Kompi A/9830 kedudukan di Mataram
  2. Kompi B/9831 kedudukan di Lombok timur
  3. Kompi C/9832 kedudukan di Sumbawa besar
  4. Kompi D/9833 kedudukan di Bima

Penomoran Kompi-kompi Sat Brimob Polda NTB tersebut mengikuti nomor urut Kompi-kompi yang dibentuk diseluruh Indonesia pada tahun 1998 oleh Korps Brimob Polri.

Pada awal perkembangannya tahun 1998-1999 personil Sat Brimob Polda NTB diisi dari lulusan Akpol, Secapa Polri ,Tamtama Brimob Watukosek yang penempatan pertamanya di Brimob Polda NTB dan Personil exs Sat Brimob Polda Tim-tim.

Setelah reformasi Polri dengan pisahnya Polri dengan TNI tahun 1999,maka Koprs Brimob Polri merestrukturisasi organisasi Brimob dengan dibentuknya unit gegana dimasing-masing Sat Brimob,
Sat Brimob Polda NTB membentuk pula unit Gegana langsung dibawah Sat Brimob Polda NTB berkedudukan di Mataram dan mengubah penyebutan kompi menjadi Kompi Pelopor Sat Brimob Poda NTB yang dikuatkan berdasarkan Skep sementara Kapolda NTB No.Pol.:Skep/31/II/2004 tanggal 27 pebruari 2004 tentang kedudukan kompi-kompi pelopor dan unit Gegana Sat Brimob Polda NTB.
Hasil gambar untuk SAT BRIMOB POLDA NTB
Mengingat perkembangan situasi kamtibmas wilayah polda NTB dan memerlukan penanganan yang lebih intensif dan kecepatan bertindak dilapangan agar lebih optimal maka dibentuklah Kompi 5 untuk memback-up wilayah hukum polres lombok tengah berdasarkan skep sementara Kapolda NTB nomor : Kep/26/I/2010 tanggal 28 januari 2010 tentang pembentukan Kompi 5 yang berkedudukan di Lombok tengah.

Saat ini personil Sat Brimob Polda NTB berjumlah 643 orang tersebar di mako Sat Brimob Polda NTB dan Kompi-kompi serta unit Gegana dijajaran Sat Brimob Polda NTB.

PEJABAT KASAT BRIMOB POLDA NTB TAHUN 1997 - SEKARANG
  1. Mayor Pol. Drs.Sutrisno, Dansat tahun 1997-1999
  2. Mayor Pol. Drs.Firmansyah Arifin  Dansat tahun 1999-2002
  3. Komisaris Polisi Drs. Achmadyana Putra  Ps.Dansat Tahun 2002
  4. AKBP Drs. WiraWibawaSH  Kasat tahun 2002-2003
  5. AKBP Drs.Teguh Pristiwanto  Kasat Tahun 2003-2005
  6. AKBP Drs. Imam Margono  Kasat Tahun 2005-2006
  7. AKBP Prasetyo Wardhono  Kasat tahun 2006-2008
  8. AKBP I.kg WijatmikaSiK Kasat Tahun 2008-2009
  9. AKBP Taufiq Hidayat  Kasat tahun 2009- 2010
  10. KOMBES Imam Santoso Kasat Tahun 2010 - 2011
  11. KOMBES Drs. Firly R. Samosir M. Si Kasat Tahun 2011 - sekarang

Operasional / Penugasan Sat Brimob Polda NTB
Sat Brimob Polda NTB beserta Jajarannya Sebagai Pasukan pemukul Polda NTB bertugas menangulangi gangguan Kamtibmas berintensitas tinggi,terorisme, rusuh massa

Kejahatan bersenjata api atau bahan peledak termasuk penyelamatan dan pertolongan, memback-up polres-polres dijajaran Polda NTB dalam rangka penegakan hukum dan keamanan dalam negeri dengan pengaturan sbb:
  1. Kompi 1 Kedudukan di Mataram memback-up wilayah Polres Mataram, Polres Lombok Barat, Polres Lombok Utara, Lombok tengah, namun dalam pelaksanaannya mengingat kompi 1 diantara kompi-kompi lainnya di jajaran Sat Brmob polda NTB komposisinya sudah standar di dukung sarana dan prasarana yang memadai, bertugas memback up seluruh polres dijajaran Polda NTB.
  2. Kompi 2 kedudukan di Lombok timur ,kompi 2 ini disiapkan sebagai pangkal aju sewaktu-waktu polres-polres di pulau sumbawa membutuhkan pasukan Brimob khususnya di Polres Sumbawa barat selain memback-up Polres Lombok timur.
  3. Kompi 3 kedudukan di Sumbawa besar memback-up wilayah Polres Sumbawa besar dan polres Sumbawa barat.
  4. Kompi 4 Kedudukan di Bima memback-up wilayah Polresta Bima, Polres Bima, dan Polres Dompu.
  5. Kompi 5 kedudukan di Lombok tengah disiapkan untuk memback-up polres lombok tengah.
Dalam penugasan BKO keluar Polda NTB dari tahun 1999-2005 Sat Brimob Polda NTB melaksanakan sebanyak 9 kali ke Polda NTT,Polda Maluku,Polda NAD dan Polda Sulawesi tengah. Diantaranya 7 pengiriman dalam bentuk kompi Satgas dan 3 pengiriman perwakilan dari Sat Brimob Polda NTB sbb:
  1. 1 SSK Operasi tuntas Komodo 2000 BKO Polda NTT Tahun 1999-2000
  2. 1 SSK setiap pengiriman Operasi Mutiara Ambon IV-X BKO Polda Maluku Tahun 2001-2005 ,kecuali Operasi Mutiara Ambon ke VI karena situasi dan Kondisi di Wilayah NTB sedang melaksanakan Pemilukada jadi kekuatan Brimob NTB dititik beratkan PAM kewilayahan di Polda NTB.
  3. Pengiriman 1 Personil a.n Kompol Drs.Firmansyah Arifin Dansat Brimob Polda NTB BKO Polda NAD Operasi tegak rencong
  4. Pengiriman 1 Personil a.n AKP Sudjana Operasi Sintuwu Maroso Polda Sulteng
  5. Pengiriman 1 Personil a.n AKP Agustinus C.Siku Operasi Sintuwu Maroso Polda Sulteng

Ditulis Oleh : satbrimob Polda NTBOnco Ngeblog

Artikel Tentang Kami SAT BRIMOB POLDA NTB ini diposting oleh satbrimob Polda NTB pada hari November 04, 2010. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar: