Warung Internet

Desember 06, 2010

PROFIL KOMPI 2 SAT BRIMOBDA NTB

        Berdirinya kompi 2 sat Brimob polda NTB tak lepas dari terbentuknya Sat Brimob Polda NTB sebagai satuan pemukul Polri di Polda NTB.

        setelah pemekaran Polwil NTB menjadi Polda NTB pada tahun 1996 maka diikuti pembentukan Sat Brimob dijajaran Polda NTB untuk memback-up wilayah hukum polda ntb yang meliputi pulau lombok dan pulau sumbawa.Kompi 2 Sat Brimob Polda NTB adalah salah satu dari 4 kompi kerangka yang di bentuk oleh Sat Brimob Polda NTB pada tahun 1998, pada tahun itu pula diberi sebutan kompi B/9831 dengan mengikuti nomer urut kompi –kompi baru yang dibentuk di seluruh Indonesia pada tahun 1998.

      Kompi ini terletak di ujung timur pulau lombok tepatnya di kecamatan labuhan haji lombok timur,awal dibentuk kompi B/9831 diisi dengan personil 30 anggota Brimob di pimpin seorang perwira Letda Pol A.D Gonzales.Kompi ini disiapkan untuk memdekatkan pangkal gerak dalam memback up wilayah Polres lombok timur, Polres lombok tengah,dan pulau sumbawa.
dalam perkembangan berikutnya karena adanya perubahan struktur organisasi Sat Brimob Polda NTB untuk penyebutan kompi B/9831 berubah menjadi Kompi 2 Sat Brimob Polda NTB sampai sekarang.

PARA PERWIRA YANG PERNAH MEMBAWAHI KOMPI 2 PELOPOR SAT BRIMOB POLDA NTB.

  1. LETDA POL. A.D GONZALES Periode 1998-2000
  2. LETTU POL. INDRA DUAMAN ISMAIL SIAHAAN Periode 2000-2003
  3. IPTU INDRA ANDIARTA Periode 2003-2006
  4. IPTU MARDJAN Periode 2006-2008
  5. AKP ADI TRI WIDIANTO SH,SiK periode 2008-2009
  6. IPTU HENDRY SAPUTRA Periode 2009-2010
  7. IPTU ADITYA PRADANA Periode 2010 

Personil Kompi 2 Sat Brimob Polda NTB
Saat ini personil kompi 2 mempunyai kekuatan 1 SSK berjumlah 95 orang dengan 1 danki,1 wadanki, 2 pasi, 4 danton lainnya dibagi menjadi anggota staf kompi dan anggota peleton.

BKO PENUGASAN
Penugasan Kompi 2 dalam rangka BKO diluar wilayah Polda NTB dimulai pada tahun 1999-2000 yaitu BKO Polda NTT dalam Operasi tuntas komodo 2000.berikutnya BKO Polda Maluku dalam operasi mutiara Ambon 2002-2005. Dalam penugasan tersebut, kompi 2 pelopor Sat Brimob Poda NTB menjadi bagian dari Kompi Satgas bergabung dengan Kompi-Kompi lainnya yang berada dibawah Sat Brimob Polda NTB.

Fasilitas.sarana dan PrasaranaKompi 2 Pelopor Sat Brimob Polda NTB sampai saat ini masih belum mempunyai pangkalan Mako sendiri, dengan menempati bekas bangunan bersejarah yaitu bekas sekolah tionghoa yang sertifikat tanah dan bangunan milik Polres Lombok timur, untuk Sementara ini dijadikan Mako Kompi 2, mengingat bangunan yang ditempati adalah bangunan yang mempunyai nilai sejarah karena dibangun pada tahun 1929 sebelum Indonesia merdeka maka penataan mako kompi masih berupaya menjaga keaslian bangunan sekolah tersebut yang terdiri 3 bangunan utama dan lapangan volley,sedang bekas bangunan yang diperkirakan perumahan untuk para guru sekolah tionghoa dibuat sekat-sekat sedemikian rupa untuk tempat tinggal anggota kompi brimob yang berkeluarga.sedang perumahan dinas danki dan wadanki memakai rumah dinas polisi polsek Labuhan haji yang berada di dalam mako Brimob kompi 2 tersebut

Kegiatan-kegiatan Kompi 2 Sat Brimob Polda NTB melaksanakan kegiatan latihan membina kemampuan Brimob PHH,Wanteror, GAG, SAR dan Jibom sesuai jadwal yag telah ditentukan oleh Sat Brimob Polda NTB. Selain itu Kompi 2 juga mengirim personilnya untuk mengikuti pendidikan dan latihan kejuruan-kejuruan kemampuan Brimob

Ditulis Oleh : satbrimob Polda NTBOnco Ngeblog

Artikel PROFIL KOMPI 2 SAT BRIMOBDA NTB ini diposting oleh satbrimob Polda NTB pada hari Desember 06, 2010. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar: